Posted by: yumirat | March 21, 2011

Yuk Jadi Orangtua Shalih! – 7 Langkah menuju perubahan


7 Langkah menuju perubahan

Di dunia ini, satu-satunya pekerjaan yang paling menantang dan tidak dibayar, bahkan jarang mendapatkan penghargaan atau ucapan terima kasih, adalah menjadi Orangtua. Tugas kita sebagai orangtua tidak cukup hanya menyediakan Rumah untuk anggota keluarga kita. tetapi kita dituntut lebih 24 jam sehari secara lahir dan bathin. Kita harus menjadi tulang punggung pecari nafkah, juru masak, guru, baby sitter, juru damai, penghibur, pendengar setia, sopir, perawat motivator, bodyguard dan masih banyak lagi profesi-profesi lainnya yang dituntut sebagai orang tua.

Kitapun seringkali dihadapkan pada banyak macampermasalahan anak. dari perkembangannya baik yang positif maupun negatif,  dari kelakuan yang baik sampai dengan yang buruk. ironisnya, permasalahn demi permasalahan inilah yang menjadi momen kesadaran bahwa kita adalah orangtua. seolah orangtua ada untuk menyelesaikan masalah anak-anaknya. padahal seharusnya tidak demikian. Orangtua ada untuk mengantarkan anak-anaknya ke gerbang kemandirian dan kematangan, sehingga anak-anak mampu menghadapai tantangan zaman dan mengatasi masalah mereka.

Ada 7 langkah menuju perubahan yang bisa kita lakukan sebagai orangtua yang akan membantu Anda memulai perubahan itu:

1. Intropeksi: Pola asuh seperti apa yang Anda terapkan

Sudah sifat manusia menutupi kekurangannya dan selalu ada kecenderungan untuk menonjolkan kelebihannya. tak mudah bagi kita mengakui kesalahan dalam pengasuhan anak. lebih mudah menuding orang lain atau faktor diluar sebagai penyeba masalah yang kita hadapi.

Ketika anak kita memenangi lomba mewarnai, misalnya dengan bangga kita memperkenalkannya kepada orang-orang. kita mengambil alih bercerita. “dari kecil anakku senang memegang krayon. Aku tahu dia berbakat, jadi kudaftarkan dia di sanggar A yang terkenal itu. Mahal memang tapi zaman sekarang apa sih yang murah buat anak?, terbuktikan dia jago meawarnai”

Namun ketika dia mogok les pada suatu sore yang segera terlintas dalam benak kita adalah “Kenapa sih Kamu jadi malas begini? kan sayang mam sudah bayar mahal-mahal?” dan sederet pertanyaan intergoatif lainnya.

Akan lebih mudah bergerak menuju perbaikan ketika Kita melihat kedalam diri sendiri. Untuk membantu Ayah Bunda melakukan intropeksi, berikut ada dua tabel yang menjadi acuan. Tabel 1.1 adalah daftar sikap atau cara yang “biasa dan sering” dilakukan orang tua, pesan yang disampaikan tanpa disadari, dan akibatnya terhadap kejiwaan anak. dengan tabel ini, Anda bisa memeriksa pola asuh secara langsung dan melakukan perubahan. Jika sulit mengingat apakah Anda melakukan hal-hal yang disebutkan di tabel 1.1, gunakan tabel 1.2. Dalam table tabel tersebut terdaftar perilaku anak yang sering dikeluhkan orangtua karena frekuesi dan intensitasnya yang tinggi dan kemungkinan penyebabnya.

Tabel 1.1

No Cara Orangtua biasa Pesan yang disampaikan Internalisasi anak
1 Menceramahi – Kamu tidak bisa mendengar – Aku tidak perlu mendengar
– Kamu tidak tahu apa-apa – Aku bodoh
– Kamu tidak belajar dari pengalaman – Aku tidak bisa berubah
– Apa jadinya kamu tanpa Ayah Bunda – Aku tidak berarti
2 Menyalahkan – Kamu salah – Aku tidak becus
– Kamu tidak tahu apa-apa – Aku bodoh
– Ayah Bunda selalu benar – Tidak ada gunanya aku belajar
– kamu harus selalu diberi tahu – Aku tidak cukup baik menjadi anak Ayah Bunda
3 Mencela – idemu buruk – Aku tidak perlu mencoba lagi
– Kamu tidak becus – Aku bodoh
– Kamu tidak bisa belajar – Tidak ada gunanya aku belajar
– kamu harus selalu dibantu – Aku tidak disukai
4 Mengomeli – Kamu tidak pernah berubah – Aku tidak berharga
– Kamu tidak bisa berpikir sendiri – Aku bodoh
– Kamu menjadi beban – Aku menyedihkan
– kamu tidak perlu didengar – Aku mau bicara

 

Bahasan ini di ambil dari buku Ihsan Baihaqi Ibnu Buchori, Yuk Menjadi Orang Tua Shalih terbitan Mizania. Anda bisa membelinya di toko buku terdekat


Leave a Reply

Categories

